Motivasi dan inspirasi bagi seorang entrepreneur bisa datang darimana saja dan didapatkan dimana saja, salah satunya lewat film. Film merupakan media terbaik sebagai alat pembelajaran berbisnis, karena kita bisa memposisikan diri sama seperti karakter dalam film tersebut dan berpikir seolah-olah kita menghadapi permasalahan yang sama.

Baca juga: 10 Resep Sukses Dari Xiaomi

Berikut 11 film bagi Anda yang ingin sukses berbisnis.

1. The Social Network (2010)

Film ini bercerita tentang kisah seorang mahasiswa Harvard University bernama Mark Zuckerberg yang berhasil mendirikan sebuah situs web jejaring sosial media Facebook. The Social Network mengajari Anda bagaimana bertarung dengan sesama rekan pendiri, menghadapi tuntutan hukum dan isolasi. Film ini juga menjelaskan bagaimana pentingnya mendokumentasikan berbagai ciri seperti ketahanan, fleksibilitas, pendelegasian, jaringan, dan penerimaan saran.

2. Citizen Kane (1941)

Salah satu film terbaik yang pernah dibuat, "Kane" dinominasikan untuk sembilan Oscar yang mengesankan. Meskipun tidak persis biografi, karakter utama Charles Foster Kane didasarkan pada tokoh koran Amerika William Randolph Hearst dan taipan Chicago Samuel Insull dan Harold McCormick.

Mengapa harus menontonnya? Charles Foster Kane, seperti kebanyakan pengusaha, memiliki keinginan untuk mengubah dunia. Dalam situasi tersebut, Kane ingin melakukannya dengan jurnalisme. Namun, seiring kekayaan dan kekuatannya yang meningkat, Kane berubah dari seorang “rakyat biasa" menjadi seorang pria yang hanya terobsesi dengan kekayaan dan kekuatannya. Pada akhirnya, satu-satunya hal yang penting baginya adalah kereta luncur masa kecilnya "Rosebud." Pelajarannya yang dapat diambil dari film ini adalah, ada lebih banyak kehidupan daripada hanya uang dan kekuasaan.

3. Joy (2015)

Film ini bercerita tentang kisah seorang ibu tunggal bernama Joy Mangano, yang diperankan oleh aktris Jennifer Lawrence, yang melalui dedikasinya berhasil Miracle Mop dan menjadi jutawan dengan lebih dari 100 hak paten.

Joy mengalami tantangannya sendiri, seperti pengkhianatan keluarga dan industri yang berubah-ubah. Bahkan ada satu hal ketika QVC akan menarik Miracle Mop. Namun, Joy sangat percaya pada produknya sehingga dia mulai menaruhnya di QVC sendiri. Penampilan TV pertamanya menghasilkan penjualan lebih dari 18.000 pel dalam waktu kurang dari setengah jam.

4. Rocky (1976) 

Terinspirasi dari kisah nyata seorang petinju dunia, Chuck Wepner, film Rocky berhasil memenangkan tiga Oscar, termasuk Best Picture. Film drama olahraga Amerika Serikat ini menceritakan tentang impian seorang petinju berdarah Italia Amerika bernama Rocky Balboa, yang berasal dari kelas pekerja namun baik hati. Ia bekerja sebagai penagih utang untuk rentenir di daerah kumuh Philadelphia

Mengapa harus menontonnya? Seperti Rocky, pengusaha itu underdog atau memulai semua dari bawah. Tapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak menghadapi tantangan. Apa yang membuat pengusaha sukses bukan kalau mereka menang atau kalah. Inilah fakta bahwa mereka bisa menjadi juara saat orang lain meragukannya.

5. The Pursuit of Happiness (2006)

Berdasarkan kisah nyata Chris Gardner, di mana Will Smith sebagai salah satu pemeran dinominasikan untuk Oscar, "The Pursuit of Happyness" mengikuti perjuangan Gardner yang dahulu merupakan seorang tunawisma hingga menjadi pengusaha sukses, investor, pialang saham, pembicara motivasi, penulis, dan seorang yang dermawan.

Mengapa menontonnya? Setiap pengusaha harus berkorban saat mengejar impian mereka. Dalam kasus Gardner, ia berjuang sambil membesarkan seorang anak ketika ia menjadi tunawisma. Namun, Gardner tidak pernah menyerah dan bertahan.

6. Moneyball (2011)

Dinominasikan untuk enam Academy Awards, "Moneyball" menceritakan musim 2002 yang mengesankan di Oakland. Yang membuatnya sangat menginspirasi adalah bahwa ketika sebuah tim tidak memiliki uang untuk mengembangkan talenta mereka, namun berkat pemikiran yang out of the box dari manajer umum Billy Beane, tim tersebut memenangkan Liga Amerika Barat.

Film ini menunjukkan bagaimana pengusaha harus inovatif saat melakukan bootstrap bisnis mereka. Dengan kata lain, Anda tidak butuh uang untuk membuat produk Anda lebih baik. Lebih dari itu, Beane tidak pernah menyerah pada visinya, meski mendapat kritik konstan dari para penentang.

7. Tucker: The Man and His Dream (1998)

Film biografi produksi Amerika ini menceritakan tentang kisah Preston Tucker dengan upayanya untuk memproduksi dan memasarkan Sedan Tucker 1948 yang menghadapi skandal dan berbagai permasalahan lainnya. Desain Tucker merevolusi fitur keselamatan, seperti kaca depan bermunculan, lampu depan yang berputar saat Anda memutarnya, dan sabuk pengaman, namun menghadapi permusuhan dari perusahaan mobil Tiga Besar dan pihak berwenang.

Kisah yang dapat dijadikan inspirasi adalah, Preston Tucker mempertaruhkan segalanya untuk mengikuti mimpinya. Meskipun tidak ada akhir yang membahagiakan bagi Tucker, film ini menunjukkan tantangan yang harus dihadapi pengusaha dari investor, regulator, dan pesaing.

8. Jerry Maguire (1996)

Terinspirasi oleh kisah nyata seorang agen olahraga Leigh Steinberg, "Jerry Maguire," yang dinominasikan untuk lima Oscar dan menampilkan Aktor Pendukung Terbaik Kuba Gooding Jr. ini menceritakan tentang seorang agen olahraga yang sukses yang memiliki segalanya dan mempertaruhkan semuanya saat menyadari bahwa ia harus fokus pada klien mereka dan bukan hanya pada uang. Jerry kehilangan segalanya, tapi itu semua mengajarkannya untuk memulai perusahaannya yang sukses dan bahkan menemukan cinta sejati.

Seperti "Citizen Kane," ini adalah contoh lain di mana protagonis menyadari bahwa ada lebih banyak kehidupan daripada uang dan benda-benda material.

9. The Aviator (2004)

Film ini menelusuri kehidupan Huges antara tahun 1927 dan 1947 saat ia beralih dari produser film sukses dan seorang tokoh aviation ke seorang pria yang memerangi gangguan obsesif-kompulsif. Kewiraswastaan penuh dengan risiko dan kerja keras, oleh karena itu Anda perlu mengeluarkan sedikit uap - itulah yang dilakukan Hughes saat membangun dan menjalankan perusahaannya sendiri. Namun, yang paling menginspirasi "The Aviator" adalah bahwa pada puncak perjuangan pribadinya, Hughes berhasil mempertahankan urusan bisnisnya di depan komite Senat. Tidak peduli apa yang terjadi dalam hidup mereka, pengusaha sukses itu ulet dan akan menarik diri bersama saat terpojokkan.

10. Lorenzo’s Oil (1992)

Didasarkan pada kisah nyata Augusto dan Michaela Odone, yang terus-menerus mencari obat untuk adrenoleukodistrofi anak laki-laki mereka, Lorenzo. Pasangan tersebut mencurahkan semua yang mereka miliki untuk menemukan penyembuhan, yang akhirnya membuat mereka menemukan minyak yang memperbaiki beberapa gejala Lorenzo.

Mengapa menontonnya? Kritikus film Roger Ebert merangkumnya dengan sempurna: "Butuh sebuah cerita yang memilukan dan mendorongnya sampai batas maksimal, menunjukkan kepada kita keberanian dan imajinasi yang bisa dipetik orang kapan mereka harus melakukannya."

11. Steve Jobs (2015)

"Steve Jobs" adalah film biografi lain yang mengambil beberapa kebebasan karena menceritakan kembali kisah pendiri Apple Steve Jobs - yang secara khusus merupakan jalan keluar dari perusahaan tersebut, pendirian NeXT, dan kembalinya selanjutnya ke Apple. Terlepas dari kemundurannya, seperti perpecahannya dengan Apple, kegagalan produk, dan terkadang hubungan yang hangat dengan Steve Wozniak, kolega, dan keluarganya, Steve Jobs tidak pernah menyerah pada visinya. Sebenarnya, inilah penglihatan yang membuat Apple menjadi raksasa saat ini.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Ala Jeff Bezos

Itu dia rekomendasi film yang mungkin bisa membantu Anda yang sedang mencari ide untuk berbisnis. Semoga menginspirasi!